Jun
18
2021
0

Membuat Hard Disk agar Tak Mudah Rusak

Salah satu bagian dari komputer yang cukup penting adalah media penyimpanan atau storage. Tentu, jika dilihat dari namanya saja sudah diketahui fungsinya yaitu menyimpan data atau file yang diperlukan. Sebut saja file aplikasi, data pribadi hingga sistem operasi itu sendiri. Dan salah satu media penyimpanan itu sendiri adalah Hard Disk yang memang kerap digunakan di komputer sekarang ini. Hanya saja, kekurangan dari hard disk ini adalah sangat rentan dengan kerusakan sehingga Anda harus benar benar merawatnya dengan baik. Jika diperlakukan secara sembarangan, maka bisa ditebak kualitasnya akan jauh menurun. Apa saja langkah yang harus dilakukan?

Memastikan agar terhindar dari guncangan

Hard disk sangatlah riskan dengan tekanan akibat benturan misalnya. Mengapa? Jika hal ini terjadi maka akan dikhawatirkan turut mempengaruhi komponen yang ada didalamya. Komponen yang sudah rusak tadi akan membuat hard disk tidak terbaca oleh sistem. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar memasang dengan posisi yang tepat dan pas untuk mengurangi resiko terjadinya guncangan.

Gunakan alas yang kuat dan tidak mudah goyang atau bisa juga menggunakan media khusus untuk meletakkanya agar aman.

Membuat partisi pada hard disk

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa membuat partisi hard disk ini mengandung resiko yang cukup tinggi. Jika salah membuat atau mengubah maka resiko terbesar adalah kehilangan data. Jadi, sangat disarankan untuk memahami kondisi hard disk dengan tepat dan benar agar resiko kerusakan dapat diminimalisir.

Bagaimana membuat partisi hard disk? Yang pertama adalah memastikan jika hard disk sudah terpasang dengan posisi yang benar. Kemudian, pastikan juga jika komponen ini sudah terdeteksi oleh UEFI/BIOS. Kemudian, gunakan tools untuk memanajemen hard disk bawaan Windows 10 jika Anda memang menggunakan sistem operasi ini. Kemudian buka menu Start

dan ketik diskmgmt.msc dan pilih aplikasi Disk Management. Nantinya akan muncul opsi ruang hard disk kosong yang masih belum dipecah atau partisi. Setelahnya, klik kanan dan pilih New Simpe Volume dan klik next. Jangan lupa untuk menentukan kapasitas ruang partisi yang memang dibutuhkan dan drive letter partisi tersebut.

Gunakan daya listrik yang cukup stabil

Salah satu penyebab utama hard disk mengalami kerusakan adalah daya listrik yang tidak stabil. Untuk itu, sangat disarankan agar menggunakan PSU atau Power Supply Unit yang mampu mengalirkan aliran listrik lebih stabil. Dengan demikian, segala komponen yang ada pada komputer akan lebih awet dan tahan lama.

Atau, jika ingin lebih stabil lagi maka gunakan UPS atau Uninterruptable Power Supply demi menghindari proses mematikan secara paksa akibat mati lampu.

Lakukan defrag hard disk secara berkala

Data yang diakses dari hard disk tersedia dalam blok lokasi yang berbeda beda posisinya. Saat file tersebut diakses maka akan sangat membutuhkan waktu untuk mencarinya di banyak lokasi. Nah, agar proses dapat berjalan cepatmaka Anda harus melakukan secara rutin proses defragmentasi.

Demikianlah beberapa penjelasan atau tahapan dalam merawat hard disk mulai dari menggunakan alat untuk menyetabilkan daya listrik, melakukan defragmentasi hingga mencegah dari benturan atau goncangan. Meskipun hard disk banyak dijual secara bebas dengan harga yang bervariasi namun mengingat semua data hasil pekerjaan menjadi satu hal yang cukup penting untuk dijaga. Jadi, mau tidak mau Anda memang harus merawatnya dengan baik.