Jun
18
2021
0

Mau Beli Komputer Bekas? Jangan Abaikan Hal Ini!

Tidak sedikit orang yang masihmencari komputer bekas dengan alasan lebih menghemat dana. Apalagi, bagi mereka yang ingin membuka usaha warnet dimana hal ini menjadi faktor utama agar pengeluaran tidak terlalu besar. Namun, pertanyaannya adalah apakah komputer bekas ini memang masih layak digunakan? Jika iya, spesifikasi apa saja yang perlu diperhatikan agar tak salah pilih? Berikut ini penjelasannya!

Mencari tahu spek yang dibutuhkan

Umumnya, penawaran yang diberikan oleh penjual bisa dilihat di media online khususnya situs jual beli. Nah, Anda bisa melihat spesifikasi apa saja yang ditawarkan mulai dari hardware atau mengunjungi langsung situs produsen dari hardware tersebut. Hal ini penting agar Anda tak salah pilih dimana Anda mencari komputer untuk game namun pada kenyataannya justru spesifikasinya tidak sesuai.

Menentukan kecepatan yang diharapkan

Jika sudah memutuskan untuk membeli komputer bekas maka sebaiknya Anda sudah siap dengan kondisi yang ada. Salah satunya adalah kecepatan yang dibutuhkan setidaknya tidak sama dengan jenis komputer terbaru sekarang ini. Namun, meski demikian tetap sesuaikan dengan kebutuhan agar budget Anda tidak terlalu besar.

Memastikan jika RAM yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan

Memori RAM sangatlah dibutuhkan untuk mempengaruhi kecepatan komputer sehingga sangat disarankan agar sesuai dengan kebutuhan. Jika beruntung, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan spesifikasi yang diinginkan.

Umumnya memory RAM DDR 2 itu lebih mahal dan kinerjanya juga cukup rendah. Untuk itu, carilah spesifikasi dengan motherboard yang mampu mendukung RAM DDR 3 atau untuk komputer game setidaknya min 2 GB.

Memperhatikan monitor dan aksesoris lainnya

Beragam versi yang ditawarkan oleh penjual komputer bekas, salah satunya adalah tidak menyertakan monitor atau kelengkapan lainnya. Mereka hanya menjual CPU saja sehingga sangatlah disarankan agar menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dana. Misalnya saja saat Anda membeli CPU maka apakah budget yang tersedia masih mampu membeli monitor atau tidak.

Mencari tahu harga komputer terbaru

Hal ini penting guna mencegah Anda dari penawaran yang tidak masuk akal. Bisa saja harga yang ditawarkan sama dengan komputer baru namun spesifikasi atau modelnya bekas punya. Atau, bisa juga menghindarkan Anda dari penipuan seperti misalnya menjual dengan harga yang terlalu murah atau alias tidak masuk akal.

Untuk mengetahui harga terbaru tentu bukan satu perkara yang sulit dilakukan apalagi di era sekarang ini. Lihat saja banyak situs yang memberikan rekomendasi tentang harga terbaru lengkap dengan spesifikasi dan fitur yang ada didalamnya. Jadi, Anda tidak salah pilih jika sudah mengetahui informasi penting dari jenis atau model komputer yang diinginkan.

Memperhatikan kondisi komputer

Jangan lupa untuk segera membuka casing komputer guna mengetahui apakah kondisinya benar benar bersih atau malah sebaliknya. Mengapa hal ini penting? Karena ini sangat berpengaruh pada performa komponen yang ada didalamnya.

Kartu garansi

Jika beruntung, bisa saja Anda bertemu dengan penjual komputer bekas namun masih bergaransi toko misalnya. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memintanya bukan?

Memperhatikan merek dari hardware

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu brand atau produsen hardware yang digunakan. Bahkan, hal ini cukup penting sehingga Anda bisa mencari tahu spesifikasi dari komputer yang ditawarkan melalui situs resmi mereka.

Cukup mudah bukan memilih jenis komputer bekas dengan harga terjangkau namun spesifikasi maupun kualitasnya masih mumpuni. Selain Anda bisa berhemat, setidaknya Anda memahami dengan benar apa yang ada didalam komputer tersebut.