Jun
18
2021
0

Bagaimana Memilih Monitor Komputer yang Tepat untuk Gaming

Apakah dengan memilih game terbaik akan membuat permainan kian menyenangkan? Sayangnya, tidak hanya faktor itu saja akan tetapi memilih jenis monitor yang tepat menjadi satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Alasannya sederhana, agar permainan menjadi lebih seru dan selama bermain tidak menemukan kendala yang berarti.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tidak semua jenis komputer bisa digunakan untuk bermain game. Begitu juga halnya dengan monitor dimana untuk jenisnya cukup banyak sehingga Anda bisa menentukan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa tips dalam memilih monitor untuk game.

Ukuran monitor

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran monitor komputer yang tepat untuk gaming. Anda bisa memilih jenis monitor dengan ukuran minimal 19 inci dimana semakin lebar monitor maka semakin bagus permainan. Dan jika Anda memiliki dana lebih maka tidak ada salahnya juga memilih monitor dengan ukuran 23 inchi hingga 25 inchi.

Tingkat respon

Kita semua sepakat jika semakin cepat tingkat respon monitor komputer untuk gaming maka permianan menjadi jauh lebih menyenangkan. Sebaliknya, jika monitor komputer yang dipilih lambat dalam merespon sudah tentu permainan game mengalami ghosting. Adapun yang dimaksud dengan ghosting adalah tampilan gambar sebelumnya yang masih bisa dilihat meski gambar sudah berubah. Jadi, jika respon monitor lambat, Anda bisa melihat secara samar samar gambar sesudahnya.

Contrast Ratio

Perlu diketahui bahwa semakin tinggi contrast ratio maka layar monitor Anda bisa menghasilkan visual yang jauh lebih tajam. Kalau sudah begini maka permainan akan semakin menyenangkan. Adapun contrast ratio yang cukup tinggi akan bisa menghasilkan gambar dengan kualitas tajam dan lebih cerah.

Monitor LED

Agar permainan semakin menyenangkan maka pilihlah monitor LED karena layar model ini lebih tajam, lebih tipis, cerah sehingga dapat menghemat listrik. Meskipun untuk bisa menikmati fasilitas yang diberikan Anda harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Namun rasanya sangat seimbang dengan pengeluaran yang Anda berikan dan hasilnya.

Koneksi

Jangan lupa, perhatikan koneksi dibelakang monitor apakah menggunakan HDMI atau DVI. Jika dilihat sekilas bisa saja terlihat sama namun perhatikan dengan jelas karena keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. HDMI sendiri memiliki kelebihan dibandingkan dengan DVI yang mampu mentranfer data gambar dan audio sekaligus. Sebaliknya, DVI hanya memiliki kemampuan dalam mentransfer grafis saja.

Dead Pixel

Dead pixel adalah satu titik hitam kecil yang muncul pada layar saat Anda menampilkan gambar putih polos.

Menyesuaikan dengan harga

Ini adalah satu faktor yang cukup penting dalam membeli monitor untuk game. Satu hal yang pasti untuk tidak tergoda dengan penawaran harga yang cenderung tidak masuk akal. Biasanya, harga yang terlalu rendah identik dengan jenis komponen yang tidak mumpuni. Meski ini bukan satu aturan dasar karena bisa saja harga yang ditawarkan cukup mahal namun spesifikasinya tidak sesuai. Jadi, tetap sesuaikan dengan anggaran dana yang dimiliki dan kebutuhan pastinya.

Bagaimana, tidak sulit lagi untuk memillih jenis monitor untuk game bukan?

Hanya saja, bagi pemula yang kurang memahami jenis monitor untuk game memang hal ini menjadi persoalan tersendiri. Apalagi, penawaran yang mereka baca dan terima sangat banyak dimana masing masing mengklaim memiliki fitur yang canggih dan mampu menghemat daya listrik. Nah, dengan penjelasan diatas diharapkan Anda bisa menentukan pilihan dengan mudah.